Cara Bayar Pajak Motor 5 Tahunan di Kebumen





Sebelum melanjutkan baca syarat dan cara pembayaran pajak 5 tahunan, mau ngucapin selamat dulu nih untuk kamu yang sudah berhasil membeli motor atas nama kamu pribadi, entah itu melalui kredit atau bayar secara kontan. Kamu keren udah 5 tahun aja  Yes!

Pajak 5 tahunan artinya pembaharuan untuk Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang di mana hanya punya masa aktif lima tahun saja. Bagi siapapun yang memiliki kendaraan setelah terhitung lima tahun wajib memperbaharuinya. Hal tersebut sesuai dengan Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 288 ayat (1), bahwa denda maksimal keterlambatan memperpanjang STNK 5 tahunan adalah Rp 500 ribu dan pidana penjara maksimal 2 bulan.

Nah, untuk kamu warga Jawa Tengah khususnya Kebumen agar kamu tidak kaget berapa biaya pajak yang akan kamu bayarkan bisa menggunakan aplikasi NEWSAKPOLE bisa baca artikel Cek Nilai Pajak Kendaraan

Setelah pengecekan baiya yuk lanjut persiapan dokumen apa saja yang harus dibawa  agar kamu tidak bolak-balik dan tentunya nggak perlu pakai jasa calo kok. Sekarang ini pelayanan mudah dan cepat kok asalkan mau antre aja ya.

Berikut syarat-syarat yang harus dibawa saat pajak 5 tahunan :

  1. Fotocopy dan asli  Buku Pemilik Kendaraan (BPKB)
  2. Fotocopy dan Asli Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  3. Fotocopy KTP asli pemilik kendaraan





Setelah dokumen di atas sudah lengkap , datang ke Samsat berdasarkan wilayah masing-masing ya. Nah, langsung masuk ke area “Pengecekan Fisik Kendaraan” kalau di daerah Kebumen dari pintu masuk langsung ke arah kanan, bisa dilihat motor-motor pada mengular itu sedang mengantre pengecekan fisik kendaraan. Di sini kamu tinggal bersabar aja, petugas pengecekan di Kebumen ada dua orang, jadi cepat kok. Apa saja sih yang dicek?

  1. Fungsi lampu
  2. Kondisi spion
  3. Kondisi ban
  4. Warna kendaraan
  5. Fungsi kondisi rem
  6. Speedometer
  7. Kondisi knalpot

Jadi, pastikan kendaraan kamu dalam keadaan memenuhi syarat sesuai di atas.

Setelah petugas melakukan mengecek kendraan dan menggosok nomor rangka mesin, akan diberikan dokumen untuk diisi. Oh ya, jangan lupa motor diparkirkan terlebih dahulu. Nah untuk pengisian dokumennya sesuaikan dengan data milik kendaraan masing-masing. Tenang, ada petunjuk pengisian kok.




Setelah pengisian selesai serahkan formulir tersebut dan dokumen fotocopy yang dibawa ke petugas pengecekan. Lalu, kita diarahkan ke loket 1. Tapi, jangan ke loket 1 dulu sebelum dipanggil di bagian informsi. Setelah dipanggil kita dikasih dokumen untuk di antar ke loket 1. Nah, setelah dapat nomor antrian baru melakukan pembayaran sesuai dengan nomor panggilan.


Setelah menyelesaikan pembayaran, ke tempat cetak STNK. Nah, di sini menunggu antrian untuk dapat plat nomor baru..

Proses pajak lima tahunan dari pengalaman saya hanya butuh waktu 3 jam saja kok. Itu bisa diestimasi untuk kamu agar meluangkan waktunya. Agar pajak dibayarkan tepat waktu tanpa khawatir kena tilang. Semoga bermanfaat ☺

Comments

Popular posts from this blog

Guru Gatra, Guru Wilangan lan Guru lagu tembang-tembang macapat

Keping Kayu bisa Tukar Aneka Makanan Khas Kebumen di Pasar Jaten

contoh proposal kewirausahaan