Bayar Pajak Kendaraan Nggak Ribet! Pakai Aplikasi Sakpole


Kamu warga Jawa Tengah yang sedang merantau dan bingung cari waktu izin kerja untuk keperluan bayar pajak kendaraan, tak perlu khawatir lagi! Sekarang sudah ada aplikasi yang memudahkan kita untuk membayar pajak kendaraan : Sakpole (Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online) atau e-SAMSAT Jawa Tengah.

Saya pribadi sendiri, sudah dua kali membayar pajak dengan menggunakan aplikasi ini. Keuntungan yang bisa saya dapatkan pertama soal waktu, jadi kalau saat jatuh tempo pajak kendaraan akan berakhir dan pas waktu itu juga tidak bisa izin kerja jadi aplikasi ini membantu banget. Kedua, cepat dan tepat kenapa? Hanya dengan menggunakan m-banking atau atm bisa dengan cepat pembayarannya dan tepat langsung tahu jumlah pasti pajak yang dikeluarkan.

Sebelum beranjak ke kekurangannya, mulai dulu cara penggunaanya:

 1.       Instal aplikasi SAKPOLE di Google Play






Kalau dilihat dari jumlah rating, aplikasi ini sudah terbilang keren, gebrakan baru untuk membantu mempermudah masyarakat agar tidak ada lagi alasan telat bayar pajak. Saat mau daftar nih, sediakan STNK dan KTP nya. 


     2.       Masuk dan pilih menu yang tersedia, pilih pembayarak pajak kendaraan bermotor maka akan  muncul pop up di bawah ini 


     
            3.       Pilih Pendaftaran, isi data kepemilikan
·         No Polisi
·         Nomor Induk Kependudukan
·         No Rangka lima digit terakhir yang ada di STNK 




Kalau sudah terisi lengkap, lanjutkan dengan klk daftar.  Jika data yang anda isi benar maka, langsung muncul data kepemilikan kendaraan kita dan jumlah biaya pajak yang harus dikeluarkan 
Jika  data yang ditampilkan sesuai maka, tahap selanjutnya adalah lanjut untuk pembayaran. 


Kita akan mendapatkan  kode pembayaran virtual. Bank yang sudah bekerjasama antara lain BNI, BRI, BCA. Pilihannya juga banyak apakah kita perlu membayar melalui ATM, M banking ataupun ke teller. Kalau kamu yang punya ATM BNI gampang banget untuk bayar langsung menggunakan M banking. Saya menggunkan bank BCA maka saya perlu ke ATM atau ke teller langsung.

Aplikasi ini, tentu ada kekurangannya yaitu, jangka waktu setelah kita bayar online adalah 14 hari saja. Jadi, sebisa mungkin setelah kita bayar langsung cari waktu untuk pulang.

Eitsssss jangan buru-buru dulu.

Kalau perantauan kita masih di Jawa Tengah bisa langsung ke Samsat setempat. Karena sekarang kan sudah online.  Jadi nggak perlu khawatir. Tapi kalau di luar Jawa Tengah ya tetap harus menyempatkan waktu untuk pulang,

Kenapa? Kita harus punya STNK terbitan baru dong, kalau tidak.... ya siap-siap kena tilang polisi. Hehe


Sekian, semoga bermanfaat 






























Comments

  1. Trobosanne Pak Gubernur Ganjar ancen jempolan, mempermudah para perantau ngurus-ngurus pajak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Guru Gatra, Guru Wilangan lan Guru lagu tembang-tembang macapat

Keping Kayu bisa Tukar Aneka Makanan Khas Kebumen di Pasar Jaten

contoh proposal kewirausahaan